Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pasak Bumi

Akar Pasak Bumi bukan sekedar janji

Blogger Health ~ #tanamanpasakbumi, #pasakbumi, #herbal, #tradisional, #vitalitas, #suplemen

Pasak Bumi adalah, nama jenis tanaman obat yang digandrungi sebagian kaum lelaki, lantaran janji-janji bahwa manfaat tanaman obat akar pasak bumi bisa menjaga kesehatan dan membangkitkan gairah kejantanan.

Betulkah?.

Namanya terdengar bombastis.

Padahal, sosoknya bukanlah tanaman obat raksasa nan kuat hingga mampu menembus perut bumi.

Nama yang terkesan melambangkan "kedigdayaan" itu rupanya berkaitan dengan daya linuwih (kemampuan lebih) yang dimilikinya, seperti diyakini banyak lelaki selama ini.

Konon tanaman obat pasak bumi mampu menjaga kesehatan tubuh, daya tahan dan stamina lelaki kokoh dalam urusan ranjang, tidak ubahnya sepotong pasak raksasa yang sanggup menghunjam bumi.

Tengok saja khasiat tanaman obat pasak bumi.

Pasak bumi mampu menjaga kesehatan, meningkatkan gairah lelaki, kadar testoteron, jumlah sel sperma dalam sperma, kecepatan gerak sel sperma, dan intensitas ereksi.

Tidak berhenti sampai disitu, bahwa tanaman obat pasak bumi juga tangguh melawan biang kerok penyakit malaria.

Mirip Yohimbin

akar pasak bumi
Pasak bumi di Malaysia dijuluki "tongkat Ali", dalam bahasa latin disebut eurycoma longifolia jack dan memiliki sebutan populer "long jack" di kalangan elit.

Pasak bumi sudah dikenal lama sebagai tumbuhan afrodisiak, dan bagian yang ampuh memang terletak pada akarnya.

Di dalam akar pasak bumi terkandung puluhan senyawa bioaktif dengan berbagai variasi struktur kimia.

Penelitian farmakologis menggunakan tikus sebagai hewan percobaan telah membuktikan hal tersebut.

Ekstrak etanolik (menggunakan pelarut etanol) akar pasak bumi, membuat tikus jantan menjadi sangat aktif terhadap tikus betina.

Namun, sejauh ini senyawa bioaktif yang membuat tikus jantan mabuk kepayang, belum diketahui.

Diperkirakan, senyawa itu alkaloid, senyawa dengan struktur kimia menyerupai yohimbin dalam tumbuhan Pausinytalia yohimbe (K. Schum) Piere.

Diduga pula, bahwa mekanisme kerja afrodisiak akar pasak bumi mirip Pausinytalia yohimbe.

Rupanya, hal tersebut mengandung kontroversi karena yohimbin dinyatakan tidak terbukti memiliki aktivitas sebagai afrodisiak.

Karena itu, pasti ada senyawa lain yang mungkin memiliki aktivitas sebagai afrodisiak.

Akhirnya, diketahui bahwa senyawa yang terkandung dalam akar pasak bumi ternyata adalah kuasinoid.

Tanpa mempersoalkan senyawa bioaktif yang terkandung, kenyataan menunjukkan bahwa ekstrak etanolik atau ekstrak akuatik (menggunakan pelarut air) dari akar pasak bumi telah menunjukkan sifat afrodisiak.

Dari percobaan diketahui, bahwa tikus jantan yang diberikan ekstrak akuatik dan etanolik akar pasak bumi menjadi lebih aktif terhadap tikus betina, dibandingkan dengan tikus jantan yang tidak mendapat ekstrak yang sama.

Bahkan saking aktifnya, tikus jantan sampai menabrak dinding pemisah kandang agar bisa masuk ke kandang tikus betina.

Sebaliknya, tikus jantan yang tidak diberi ekstrak akar pasak bumi tenang tenang saja tingkah lakunya.

Hal ini diperkuat dengan penelitian H.H Ang dan M.K. Sim bahwa ekstrak akar pasak bumi benar-benar membangkitkan nafsu seksual tikus jantan, sampai berkali-kali menunggangi tikus betina, mengalami ejakulasi, dan sebagainya.

Penelitian yang sama bahkan menyebutkan bahwa ekstrak akar pasak bumi meningkatkan indeks ereksi penis tikus jantan.

Menurut Prof. Dr. Johari Mohd. Saad, dari Universitas Malaya, jumlah sperma tikus jantan itu juga meningkat, dan gerakannya lebih cepat dibandingkan dengan yang tidak diberikan ekstrak akar pasak bumi.

Malah, jika tidak ada tikus betina dalam kandang, tikus jantan yang diberi ekstrak akar pasak bumi akan melakukan tindakan homoseksual terhadap tikus jantan lain.

Namun, bila tikus betina disuntik dengan ekstrak akar pasak bumi, tikus betina tersebut justru ogah melakukan hubungan.



Khasiat lainnya, bahwa pasak bumi dalam menjaga kesehatan meningkatkan kadar testoteron.

Hasil kajian secara in vitro oleh Prof. Dr. Johari Mohd. Saad, menggunakan homogenat testes penderita kanker prostat memperlihatkan, bahwa pemberian ekstrak akar pasak bumi dapat meningkatkan kadar testoteron darah.

Hormon ini berfungsi mengembangkan dan memelihara ciri-ciri kelamin sekunder pada lelaki serta membantu sel-sel pembentuk spermatozoa dalam melakukan tugasnya.

Selain itu, testoteron juga memiliki kerja anabolik, yakni meningkatkan pembentukan zat putih telur, terutama protein otot, sehingga tubuh menjadi kekar.

Testoteron dapat pula menekan pembentukan gonadotropin oleh hipofisa.

Namun perlu diketahui, zat-zat androgen tidak boleh diberikan pada penderita kerusakan hati atau kanker prostat.

Karena itu, seyogyanya pasak bumi tidak di konsumsi oleh penderita kanker prostat atau penderita gangguan fungsi hati.

Di luar urusan ranjang, pasak bumi ternyata ampuh menjaga kesehatan tubuh dan melumpuhkan plasmodium falciparum strain Thailand yang sudah kebal terhadap berbagai obat anti malaria. Dari penelitian diketahui, pasak bumi juga memiliki aktivitas anti malaria.

Aktivitas tertinggi ditunjukkan baik oleh ekstrak kloroformik (dengan pelarut khloroform) maupun ekstrak 1-butanol (dengan pelarut 1-butanol) akar pasak bumi.

Senyawa bioaktif yang berkhasiat terhadap malaria itu adalah senyawa erikomanon yang lebih aktif ketimbang obat malaria klorokuin.

Senyawa eurikomalakton dan eurikomanol yang terkandung pada akar pasak bumi juga memiliki aktivitas anti malaria meskipun hanya sebesar 60 - 70 % klorokuin.

Baca : Tapak Dara Vs Kanker Payudara

Tata Nama Kacau

Meskipun saat ini sudah kondang, rupanya akar pasak bumi sempat tidak terdokumentasikan di Herbarium Bogoriense, akibatnya, sulit menemukan daerah untuk tanaman obat pasak bumi.

Nama pasak bumi itu sendiri mungkin nama rekaan atau ciptaan baru yang bertendensi komersial.

Sebab, munculnya nama pasak bumi bersamaan waktunya, dengan diketahuinya manfaat penggunaan tumbuhan itu sebagai penjaga daya tahan dan stamina lelaki oleh masyarakat pedalaman Kalimantan.

Lagi pula, ada informasi yang mencoba menghubungkan bentuk akar pasak bumi dengan ajaran signatura (the doctrine of signature - kesimpulan berdasarkan tanda-tanda pada tumbuhan).

Lepas dari itu, nama pasak bumi masuk akal. Faktanya, akar tunggang tumbuhan ini kokoh dan tegak lurus menusuk ke dalam tanah seolah-olah menuju ke pusat bumi.

Orangpun menganggap bagaikan pasak bumi.

Pasak bumi akhirnya dianggap nama paling tepat untuk tanaman obat ini, dan secara komersial produk cangkir pasak bumi dan gelas pasak bumi menjadi cendera mata wajib bagi lelaki yang berkunjung di salah satu kota pedalaman Kalimantan.

akar pasak bumiDulu, Pemerintah dan pihak swasta pernah meminta kepada pihak Herbarium Bogorience - Lembaga Biologi Nasional untuk memberikan kepastian tentang identitas pasak bumi.

Namun, contoh tumbuhan yang mula-mula dikirimkan ke instansi itu ternyata berasal dari tumbuhan lain.

Maka terjadilah kekacauan tata nama di berbagai media cetak.

Ketika contoh tanaman obat itu kembali dikirim, sayang sekali yang dikirim bukan tanaman utuh.

Ada yang mengirimkan akarnya saja, ada yang akar dan daunnya.

Untungnya, bagian-bagian itu berasal dari satu jenis tumbuhan.

Dari hasil determinasi contoh yang salah dan berbeda-beda itu, nama ilmiah yang pernah diberikan kepada masyarakat pun lantas berbeda-beda.

Setelah ada contoh lumayan lengkap yang dikirimkan oleh seorang asisten apoteker dari Banjarmasin, barulah determinasi mengarah kepada Eurycoma Longifolia Jack atau disingkat Long Jack.

Baru sekitar Februari - Maret 1973, identitas pasak bumi dapat dipastikan, yaitu Eurycoma Longifolia Jack, dari suku Simarubaceae. Apalah arti sebuah nama, kata seorang pujangga.

Yang penting, akar pasak bumi bukan sekedar janji. Informasi mengejutkan dari penjual gelas akar pasak bumi, justru lebih banyak ibu-ibu yang melakukan pemesanan, ...iyakah?.

Hohoho, kejutan menyenangkan suami - demi kebersamaan - hanya berdua - mereguk manfaat akar pasak bumi.

Pagi hari para istri selain sibuk urus anak, akan diselingi rengek papanya anak-anak ...agiii ma ... iiihh papa ini, ntar lagi ahhh ...antar anak sekolah dulu sana gih.

=====

Yuk berbagi dengan teman lain ... siapa tahu artikel menarik ini, bisa menambah wawasan beberapa teman Anda, ...sesuatu yang menyenangkan bila bisa menolong sesama.

Pasak Bumi
Salam hangat.