Cara Mengatasi Jerawat

Menjaga Kesehatan Tubuh

Memperdalam pemahaman tentang penyebab terjadinya jerawat, dilanjutkan pemahaman tentang jenis dan kelompok jerawat, diharapkan dapat menemukan solusi menjaga kesehatan tubuh untuk mengetahui bagaimana cara menghilangkan jerawat dan komedo.

Kulit merupakan pelindung organ tubuh terdepan dalam mencegah dan mengatasi setiap serangan penyebab penyakit.

Setiap sentimeter persegi kulit mengandung 70 cm pembuluh darah, 55 cm pembuluh syaraf, 100 kelenjar keringat, 15 kelenjar minyak, 230 reseptor sensorik, dan 500.000 sel (ATC 2012).

bagaimana cara mengatasi jerawat
Selain bertugas sebagai pos terdepan dalam pertahanan tubuh.

Tugas kulit membantu pengaturan suhu tubuh, mencegah pengeluaran cairan yang berlebihan, membantu tubuh membuang kelebihan air dan garam.

Kulit memiliki sifat lentur dan ancaman kesehatan kulit sangat beragam.

Diantaranya faktor usia dan masalah kanker kulit, psoriasis, eksim, ketombe, komedo dan jerawat.

Baca : Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Faktor Penyebab




Beberapa faktor penyebab timbulnya jerawat, diantaranya :

*   Perubahan hormonal, dikarenakan pubertas, kehamilan, menstruasi, menopause, dan akibat pemakaian obat hormonal.

*   Kosmetik dan pelembab yang berbasis minyak.

*   Stress pada kulit, dikarenakan pemakaian alat kontrasepsi, dan atau berpakaian ketat.

*   Infeksi bakteri.

*   Faktor keturunan.

*   Gangguan emosional.

*   Toksin.

Sebagian besar jerawat terjadi pada usia menjelang dewasa.

Saat tubuh mengalami berbagai penyesuaian fisik, sosial dan psikologi yang disebabkan oleh hormon.

Hormon androgen merupakan hormon yang berperan aktif dalam merangsang tubuh untuk berbagai perubahan dan penyesuaian fisik terhadap pertambahan usia, termasuk pubertas.

Sebagai target dari hormon androgen adalah kelenjar sebasea (terletak dibawah kulit), yang menghasilkan sebum.

Sebum ini biasanya secara normal, akan dikeluarkan melalui pori-pori akar rambut (folikel).

Selain memacu kerja kelenjar sebasea dalam memproduksi sebum, hormon androgen berperan meningkatkan keratinisasi folikel.

Peningkatan sebum, secara normal harus dikeluarkan, menjadi terhambat oleh banyaknya keratin yang menyumbat pori-pori akar rambut.

Sebum terhambat keratin dibawah permukaan kulit, menyebabkan timbulnya tonjolan jerawat.

Sebum merupakan bakteri yang dihasilkan kelenjar sebasea, sehingga harus keluar dari tubuh.

Dikarenakan pori-pori akar rambut tersumbat keratin, maka memungkinkan bakteri terakumulasi untuk tumbuh subur dan membesar.

Keratin sifatnya keras, dan zat keratin merupakan bahan dasar kuku manusia, peningkatan keratinisasi disekitar pori-pori akar rambut, memicu terbentuknya komedo.

Peningkatan hasil zat sebum yang tersumbat keratin dibawah kulit, memicu terbentuknya tonjolan jerawat.

Sebum tidak lain adalah bakteri, akan memicu sel darah putih untuk berperang melawan bakteri tersebut, sehingga hal ini memicu timbulnya nanah disekitar jerawat.

Nanah merupakan sel darah putih yang gugur dalam pertempuran melawan bakteri patogen.

Baca : Cara Meningkatkan Stamina

Jenis Jerawat

Beberapa jenis jerawat (acne), diantaranya :

*   Acne vulgaris, merupakan jerawat yang timbul disekitar wajah, pada saat masa pubertas.

*   Acne rosacea, merupakan jerawat yang timbul pada usia diatas 30 tahun.

*   Acne inversa, jerawat yang mengalami pembengkakan dan terasa sakit, dikarenakan yang tersumbat untuk keluar bukan hanya zat sebum, melainkan aliran keringat juga tersumbat keratin, sehingga menimbulkan bau badan.

Karena terkontaminasi bakteri yang dibawa zat sebum yang sama-sama tersumbat didalam tubuh, diikuti munculnya nanah, dan dapat diikuti dengan infeksi yang tergolong parah.

Namun kejadian jenis penyakit acne inversa ini sekitar 1% dari jumlah populasi.

*   Acne steroid, timbulnya jerawat akibat pemakaian bahan pemacu steroid topikal yang kuat.

*   Cystic Acne, jerawat yang muncul dalam bentuk bisul akibat penimbunan racun dibawah kulit.

*   Back acne, jerawat di punggung akibat sering menggunakan pakaian ketat yang menghambat jalan keluar keringat.

*   Acne conglobata, sama seperti acne steroid, jenis jerawat ini merupakan dampak pemakaian steroid anabolik yang memacu kelebihan hormon androgen.

Kelompok jerawat

*   Jerawat stadium-1, terjadi pada awal masa pubertas, dan cara ampuh menghilangkan jerawat jenis ini, masih bisa diatasi dengan disiplin hidup bersih.

*   Jerawat stadium-2, merupakan jerawat kelas-1 yang tidak mendapatkan perawatan yang baik, sehingga terkesan terlambat antisipasi, kelompok jerawat kelas-2 tergantung kondisi untuk penanganan tanpa bantuan dokter, namun alangkah sebaiknya apabila merasa sudah sangat terlambat, lebih baik untuk mendapatkan bantuan dan dokter spesialis kulit.

*   Jerawat stadium-3, dipastikan harus sudah dalam penanganan dokter spesialis kulit.

*   Jerawat stadium-4, selain harus sudah dalam penanganan dokter spesialis kulit, pengobatan kelompok jerawat ini memerlukan jenis pengobatan topikal sistemik yang cukup keras.

Beberapa tips menjaga kesehatan tubuh, mungkin telah banyak diketahui.

Namun dengan memahami terjadinya jerawat, sebenarnya mudah menemukan cara mengatasi jerawat dengan cepat, yang merupakan cara ampuh menghilangkan jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat




Penanganan sebelum timbul jerawat, dan atau sudah terjadi jerawat stadium-1, diharapkan dapat menjadi jembatan untuk memahami terjadinya jerawat, yakni tersumbatnya jalan keluar "sesuatu yang merugikan" dari dalam tubuh, melalui pori-pori kulit.

Artinya, cukup dengan membantu kebersihan pori-pori kulit, maka diharapkan "sesuatu yang menjadi penyumbat" dapat dibersihkan.

Sehingga pori-pori kulit dapat menjadi jalan bebas hambatan bagi keluarnya zat-zat yang merugikan tubuh, sama seperti halnya merawat jalan keluar lain yang ada di sekitar tubuh.

Pemakaian air hangat atau kain yang dibasahi dengan air hangat, dapat membantu memperlebar pori-pori kulit, namun karena sifat elastisitas kulit, tidak serta merta pori-pori kulit menjadi semakin lebar.

Pemahaman terhadap jerawat, yang memberikan indikasi merupakan tonjolan yang berisi kuman bakteri merugikan.

Penanganannya menggunakan tangan yang telah bersih, karena tangan yang terkontaminasi kuman bakteri, akan memberi dampak jerawat makin parah, atau akan memacu penyebaran jerawat pada tempat lain di permukaan kulit.

Baca : Menjaga Kesehatan Kulit Masa Tua

Cara ampuh menghilangkan jerawat stadium-1, adalah cukup dengan menjaga kebersihan kulit seluruh tubuh.

Meluangkan waktu untuk membantu kinerja pori-pori kulit agar bersih dari zat penyumbat, dan dengan disiplin menjaga kebersihan kulit.

Selain membantu kulit agar lancar menjalankan fungsinya sebagai jalan keluar zat merugikan tubuh, maka akan diberikan bonus berupa penampilan kulit yang sehat bercahaya.

Bagaimana cara menghilangkan jerawat dan komedo, dengan tingkat kelompok stadium-2 namun masih dalam batas sedini mungkin.

Sementara jerawat stadium-2 yang terlambat ditangani, dan jerawat stadium-3 hingga stadium-4, maka penanganannya akan sangat lebih baik apabila diserahkan kepada dokter ahli spesialis kulit.

Cara Mengatasi Jerawat
Semoga bermanfaat.

SEO Tools | SEO Company | SEO Services

Ayat Cinta Untuk Lelaki

Artikel Inspiratif Kehidupan Follow my blog with Bloglovin  | Ayat Cinta Untuk Lelaki . Entahlah bagaimana cara mencari cinta sejati ...